Ahiyate Hadiri Nikahan Masal Desa Lumapelu

  • Whatsapp
banner 728x250

Taniwel, fajarmaluku.com– Pemerintah desa Lumapelu kecamatan Taniwel Timur kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), menggelar pernikahan masal bagi 40 pasang keluarga. Acara nikah masal yang berlangsung di balai desa Lumapelu, Rabu (19/05) tersebut, dihadiri langsung kepala dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan (Dukcapil) SBB Drs. Demianus Ahiyate.

Dalam kesempatan itu, Ahiayte meminta para pasangan yang baru saja dinikahkan, untuk secepatnya melengkapi seluruh administrasi, guna mempercepat proses pembuatan akta nikah oleh dinas Dukcapil.

Dirinya juga mengatakan, langkah yang diambil oleh pemerintah desa Lumapelu mesti diapresiasi. Pasalnya, hal ini sangat membantu masyarakat desa, yang selama ini sudah melakukan nikah secara agama namun belum tercatat oleh negara, kerena belum nikah catatan sipil.”Saya mengapresiasi langkah pemerintah desa, lewat pejabat desa. Yang sudah mengambil langkah tepat guna membantu masyarakat.” Ujar Ahiyate.

Ditambahkannya, cepat lambatnya proses pembuatan akta nikah, bergantung pada penyelesaian administrasi berupa dokumen-dokumen penduduk dari masing-masing keluarga, untuk diserahkan kepada dinas.

“Kalau administrasi sudah dilengkapi dalam waktu dekat, maka akta nikah sudah bisa diperoleh dalam waktu seminggu.” Tandasnya.

Sementara itu, penjabat desa Lumapelu Dedy Oita yang ditemui media ini mengatakan. Langkah yang diambil pemerintah desa, semata untuk membantu masyarakat, guna mendapatkan akta nikah Capil dan tercatat oleh negara.

Dalam pernikahan tersebut, terdapat 9 pasang pengantin baru dan 31 pasang pengantin yang sudah melakukan pernikahan secara agama, namun belum menikah secara negara. (elo).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *