Akerina : Perda Adat Belum Tentu Selesai Dalam Waktu Singkat

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com – Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Timotius Akerina, SE. M.Si menyatakan, proses penetapan Peraturan Daerah (Perda) Adat, belum tentu bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Pernyataan tersebut disampaikan kepada awak media, di lantai tiga kantor Bupati SBB, Selasa (17/08/2021).

Akerina menjelaskan, saat ini Pemda SBB masih dalam proses indentifikasi dan proses pengembalian satus desa ke negeri (Desa Adat).

“Saya yakin proses penetapan Perda Adat, belum tentu bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Karena, kita masih dalam proses indentifikasi dan proses pengembalian status kita dari desa ke negeri,” jelas Bupati.

Dikatakan, jika dihitung dari proses awal hingga proses pengangkatan raja, pasti caretaker Bupati sudah ada. Dan ada batasan dalam kewenangan caretaker, maka sudah pasti tertunda hingga ada Bupati defenitif barulah semua proses bisa berjalan.

“Kewenangan caretaker itu terbatas. Pasti menunggu Bupati defenitif di 2024 baru bisa pengangkatan dan pelantikan raja negeri kalaupun Perda Adat sudah selesai.” Terangnya.

Terkait dengan pernyataan Komisi I (satu) DPRD SBB tentang Perda Adat yang akan ditetapkan Oktober mendatang, Akerina sendiri mengaku ragu. Pasalnya menurut dia, belum ada pengembalian status desa ke negeri. Belum lagi, dinamika yang terjadi pada masing-masing desa.

Untuk itu Akerina tegaskan Pilkades harus jalan. Kata dia, proses Pilkades sudah hamper rampung dan siap untuk dilaksanakan.

“Mau memberhentikan Pilkades ini ada konsekwensi hukum. Untuk itu bagi saya Pilkades harus jalan. Terserah bagi desa-desa yang tidak mau ikut ya silahkan.” Tegasnya.

Ditambahkan, Pilkades tidak akan berpengaruh terhadap penetapan Perda Negeri nantinya. Dikatakan, desa-desa yang sudah melaksanakan Pilkades dan statusnya kemudian berubah menjadi negeri, maka secara otomatis jabatan kepala desa dan perangkatnya gugur demi hukum.

“Itu nanti kita tuangkan dalam aturan tambahan dalam Perda Adat. Untuk itu, saya sudah perintahkan dinas PMD, untuk melakukan proses Pilkades di seluruh desa secara bersamaan pada bulan Oktober mendatang.” Tandas Akerina. (elo)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *