Akerina : Tema HUT ke-17 Kabupaten SBB, Jangan Hanya Slogan

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com- Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), baru saja memperingati HUT ke-17 tanggal 7 kemarin. Dalam peringatan HUT ke-17 kali ini, Pemda SBB merayakannya dibawah sorotan tema “Bersama Bergandengan Tangan Maju”.

Menanggapi tema HUT tersebut, Wakil Bupati Kabupaten SBB Timotius Akerina kepada wartawan kemarin mengatakan. Tema tersebut diharapkan jangan hanya menjadi sebuah slogan, tetapi harus diimplementasikan untuk bisa membangun SBB kedepan yang lebih baik.

“Saya melihat akhir-akhir ini, hubungan masyarakat dengan pemimpin, antara pemimpin dengan pemimpin kurang begitu harmonis. Oleh karena itu, hari ulang tahun ini adalah momen untuk mari kita bersama-sama bergandengan tangan. Tapi, jangan hanya dalam bentuk slogan. Tapi harus diimplementasikan untuk bisa membangun daerah ini lebih baik kedepan.” Papar Akerina.

Ketua Bapilu Nades Maluku ini menambahkan, dalam proses pembangunan daerah, sudah tentu ada kelebihan serta kekurangan. Dan sudah tentu kata dia, keberhasilan yang telah dicapai perlu diapresiasi. Akan tetapi, ada jua hal-hal yang mesti dibenahi.

Pembenahan lanjut Wabup, haruslah dimulai dari sistem birokrasi.

“Yang saya lihat, network antar lembaga, antar OPD sesama Pemerintah Daerah kurang terbangun dengan baik, karena masih ada masalah-masalah pemerintahan diintervensi oleh orang yang ada diluar pemerintahan.” Tegas Akerina.

Menurutnya, hal inilah yang harus diperbaiki dan dibenahi. Lanjut dia, orang yang tidak punya kapasitas dan kewenangan diberikan kewenangan, meskipun itu diluar daripada sistem pemerintahan.

“Itu yang harus kita perbaiki. Dan yang kedua adalah, manajemen pengelolaan pemerintahan harus juga kita perbaiki.”

Dirinya menambahkan, memang dalam penilaian ombudsman, Pemda SBB sudah dalam posisi dari merah ke kuning. Namun menurutnya, kondisi real yang terjadi di SBB, belum sampai kepada tingkat itu. Dan harus dibenahi manajemennya, karena networking nya tidak jalan.

“Networking nya, hanya dikendalikan hanya oleh beberapa orang. Dan tidak menggunakan jaringan networking yang sebenarnya, serta harus ada perbaikan kinerja di dalam birokrasi.”

Dalam kesempatan itu pula, selaku Wakil Bupati, Akerina menyampaikan ucapan terimakasih kepada para tokoh pejuang Pemekaran kabupaten SBB.

“Lewat momentum ini, kita menoleh kebelakang. Melihat sejarah berdirinya kabupaten ini, barkat perjuangan para tokoh pemekaran. Ada pa Bob Puttileihalat beserta teman-temannya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Namun lewan momen ini, saya menyampaikan terimakasih serta apresiasi yang tinggi atas apa yang telah dilakukan oleh beliau dan kawan-kawan.” Ucap Akerina. (elo)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *