Bantuan Korban Gempa 2019 di SBB Akan Direalisasi

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com- Setahun sudah berlalu, sejak gempa bumi berkekuatan 6,8 skala richter mengguncang wilayah pulau Ambon, Seram dan Haruku. Serta beberapa daerah lainnya pada 26 September 2019 lalu.

Namun hingga kini, bantuan yang dijanjikan pemerintah kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) kepada masyarakat korban gempa, belum juga diberikan.

Masyarakat korban gempa yang namanya tercatat sebagai penerima bantuan, terus bertanya-tanya. Sementara itu, pemerintah kabupaten SBB terkesan cuek dengan kondisi masyarakat yang ada tanpa memberikan jawaban pasti, kapan bantuan yang dijanjikan tersebut akan terealisasi.

Sementara itu Mansur, Tuharea selaku Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten SBB ketika dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan, pemerintah daeah telah melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah provinsi Maluku. Dan hasilnya, pemerintah kabupaten akan segera menindaklanjuti.

Tuharea yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) SBB ini menambahkan, keterlambatan kucuran dana untuk korban bencana gempa SBB adalah dari pemerintah pusat.

“Keterlambatan ini dari pusat, datanya kita sudah masukkan dari tahun kemarin, namun prosesnya memang agak terlambat.” Ujarnya.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapan-siagaan BPBD SBB, La Ucu ketika ditemui menjelaskan. Total penerima bantuan berjumlah 1683 KK, dengan kategori bantuan yang berbeda.

“Total semua ada 1683 KK penerima bantuan. Yang terdiri dari 10 juta untuk yang rumahnya rusak ringan, 25 juta untuk rusak sedang dan 50 juta untuk yang rusak berat.” Terang Ucu.

Kata dia, semuanya sudah dalam proses. Namun terkendala dengan Covid-19, akan tetapi dirinya menyampaikan dalam waktu dekat bantuan tersebut akan segera disalurkan.

“Prosesnya sudah jalan, hanya saja kita terkendala dengan Covid-19 ini. Namun dalam waktu dekat, akan segera direalisasi.” Ujarnya. (elo)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *