BPD 13 Desa Di Taniwel Timur Dilantik

  • Whatsapp
banner 728x250

Taniwel, fajarmaluku.com- Sebanyak 13 ( Tiga belas) Badan Permusyarawatan Desa (BPD) di Kecamatan Taniwel Timur, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dilantik, berdasarkan SK Bupati SBB Nomor : 144.1-606 Tahun 2020. Acara pelantikan tersebut berlangsung di balai desa Uwen, Sabtu (5/12/2020).

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten SBB Mocsen Pellu, Camat Taniwel Timur M. Matitale, beserta tamu undangan lainnya.

Usai melantik BPD ke-13 desa, Kadis PMD yang ditemui fajarmaluku.com mengatakan, pelantikan BPD pada desa-desa tersebut berdasarkan hasil keputusan masing-masing desa, dengan keterwakilan Soa.

Pellu mengatakan, untuk wilayah kecamatan Taniwel Timur. Memang ada sedikit polemik terkait dengan Soa dan beberapa hal lainnya, sehingga berpengaruh pada proses pemerintahan di desa.

“Memang untuk wilayah Taniwel Timur ini, ada polemik yang terjadi, yang sangat berpengaruh pada proses pemerintahan maupun tahapan pencairan ADD tahap ketiga dan tahapan dokumen perencanaan tahun 2021.” Ujar Pellu.

Namun lanjut dia, semua persoalan sudah selesai dengan adanya pelantikan dihari ini. Untuk itu dirinya berharap tahapan perencanaan pada 13 desa yang ada di Taniwel Timur sudah bisa berjalan. Baik Musyawarah Desa (Musdes) maupun Musrenbang Desa.

“Dan yang tidak kalah penting juga adalah, BPD sudah bisa menyetujui proses pencarian ADD tahap tiga.” Jelas Pellu.

Sementara itu camat Taniwel Timur M. Matitale dalam kesempatan yang sama mengatakan, dengan adanya pelantikan BPD pada 13 desa dihari ini, mengakhiri polemik yang sedang terjadi di wilayah yang dipimpinnya.

Terkait dengan tuduhan yang dilayangkan, bahwa dirinya sengaja memperlambat pelantikan BPD di Taniwel Timur, Matitale mengatakan jika semua tuduhan itu tidak benar.

“Semua tuduhan itu tidak benar. Karena, kami tidak berpangku tangan, tetapi kami merespon semua laporan yang masuk terkait dengan persoalan BPD ini, dengan melakukan koordinasi bersama dinas PMD dan kita tetap menunggu arahan hingga pada proses pelantikan,” ujarnya.

Matitale berharap para anggota BPD yang sudah dilantik, bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawab mereka dengan baik. Dan yang paling penting adalah, BPD bisa mengawal semua kegiatan yang didanai oleh ADD maupun DD pada desa masing-masing. 

“Dengan pelantikan BPD hari ini, proses pencarian ADD dan DD tahap tiga sudah bisa berjalan.” 

Untuk diketahui, 13 desa yang BPD-nya dilantik adalah, desa Seakasale, Makububuy, Waraloin, Walakone, Lumahpelu, Sohuwe, Matapa, Tounusa, Sukaraja, Lumalatal, Uwen Pantai, Solea dan Masihuwey. (elo)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *