Gubernur Maluku Didesak Lantik Bupati SBB

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com- Gubernur Maluku Murad Ismail dinilai sengaja menghambat jalannya proses pemerintahan di kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Pasalnya, meski SK Mendagri terkait pelantikan Bupati SBB sudah berada di mejanya, namun hingga detik ini, proses pelantikan belum dilakukan.

Ulah Gubernur ini, tentunya menuai banya kritikan dari sejumlah masyarakat kabupaten SBB, baik secara langsung maupun yang disampaikan lewat jejaring sosial Facebook.

Masyarakat menilai, dengan belum dilantiknya Timotius Akerina sebagai Bupati defenitif, Murad Ismail telah sengaja menghambat jalannya roda pemerintahan di kabupaten yang bertajuk Saka Mese Nusa, yang tentunya akan berpengaruh pada pelayanan publik.

Salah satu kritikan datang dari tokoh masyarakat SBB asal desa Kamal kecamatan Kairatu Barat, Mozes Rutumalessy yang meminta pemerintah pusat segera melantik Bupati SBB, jika Gubernur Maluku tidak punya waktu.

“Masyarakat SBB sebagai pemegang kedaulatan, meminta pemerintah pusat segera melantik Bupati SBB, jika Gubernur Maluku sebagai wakil pemerintah pusat, tidak punya waktu atau alasan lain,” ujar Rutumalessy kepada media ini, Kamis (16/09).

Menurut dia, masyarakat SBB butuh Bupati defenitif segera untuk menata birokrasi dan pelayanan masyarakat yang tidak seluruhnya bisa dilakukan dengan kewenangan terbatas oleh Plt. Bupati.

Dirinya menambahkan, SK pelantikan sudah ada. Bahkan baliho ucapan selamat atas dilantiknya Timotius Akerina sebagai Bupati SBB, dari Pemprov Maluku sudah terpasang, namun hingga kini belum ada sinyal akan dilakukan pelantikan oleh Gubernur.

Dengan penundaan ini, Rutumalessy mengajak masyarakat SBB, untuk menolak kebijakan Pemprov Maluku Jika hak-hak dasarnya untuk memiliki pemerintahan defenitif sesegra mungkin diabaikan. (elo)

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *