Maryate : Tidak Ada Penyalahgunaan ADD/DD Desa Sohuwe

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com- Penjabat Kepala Desa Sohuwe, Kecamatan Taniwel Timur, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Arnold Gerzon Maryate, membantah jika dirinya telah menyalahgunakan anggaran desa Sohuwe, berupa Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (ADD/DD).

Untuk diketahui, Maryate sebelumnya dituding oleh beberapa pihak, yang menyatakan jika dirinya telah menggunakan ADD/DD desa Sohuwe Tahap I Tahun 2020, setelah dikeluarkannya temuan hasil pemeriksaan dari Inspektorat Daerah SBB.

Dalam keterangannya kepada fajarmaluku.com di Piru, Kamis (10/09). Maryate mengatakan, sesuai hasil pemeriksaan Inspektorat, dirinya telah mengembalikan anggaran tersebut ke rekening desa.

Dalam keterangannya Maryate merinci, dirinya telah mengembalikan Saldo Penangan Covid-19, anggaran Pendidikan Siswa Miskin, anggaran Penyelenggaraan Pos Kesehatan Desa, anggaran Penyelenggaraan Posyandu dan lainnya ke rekening desa Sohuwe.

“Jadi itu hanya temuan dan bukan merupakan sebuah pelanggaran. Dan saya sudah mengembalikan dana itu ke Bank.”. Ujar Maryate.

Maryate menambahkan, saldo yang telah dikembalikan ke rekening desa itu, bahkan lebih dari 70 juta rupiah, yakni 92 juta. Dirinya mengaku telah menyetorkan pajak dan yang lainnya seperti yang termuat dalam hasil pemeriksaan Inspektorat Daerah kabupaten SBB.

Dengan demikian kata Maryate, dirinya sudah menyiapkan laporan pertanggungjawaban penggunaan ADD/DD Tahap I, untuk diserahkan kepada pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Inspektorat kabupaten SBB.

“Laporan saya sudah siap untuk dimasukkan ke dinas dan ke Inspektorat.”

Menurut dia, pada saat pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat maupun dinas PMD, dirinya belum punya persiapan karena pemeriksaan yang dilakukan secara mendadak. Sehingga laporan pertanggungjawabannya belum siap.

“Pada saat pemeriksaan itukan tiba-tiba. Saya juga belum siap dengan laporan pertanggungjawaban. Namun sekarang laporan sudah lengkap dan akan dimasukkan ke dinas dan Inspektorat.” Terang Maryate. (elo)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *