Nyaris Terendam, Dinas PUPR Akan Bangun Talud Dusun Tago dan Wael

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com– Puluhan rumah di dusun Tanah Goyang (Tago) desa Loki kecamatan Huamual kabupaten Seram Bagian Barat(SBB), nyaris tergenang akibat air laut pasang.

Akibatnya, warga dusun setempat mulai merasa khawatir, sehingga meminta perhatian serius dinas terkait, guna melihat kondisi yang sedang terjadi.

Hasil pantauan media ini dan keluhar warga yang berhasil di konfirmasi media ini, Kamis (04/03/2021). Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu. Dan puncaknya, bila air laut sedang benar-benar pasang, maka langsung meluap kedalam pemukiman dan menggenangi rumah warga.

Hal ini terjadi, akibat dari tidak adanya talud penahan air laut pada sepanjang bibir pantai dusun ini.

Ridwan seorang warga dusun Tago yang rumahnya kena imbas dari air pasang tersebut mengatakan, saat kondisi air pasang mereka pun suda mulai khawatir.

“Kondisi ini jika tidak secepatnya ditangani maka, bisa dipastikan lama-kelamaan semakin banyak rumah yang terendam.” Ujar Ridwan.

Untuk itu, dirinya meminta perhatian serius dari dinas PUPR kabupaten SBB maupun provinsi Maluku, agar bisa melakukan antisipasi terhadap kondisi alam dan juga nasib warga setempat.

“Jika ini merupakan kerjanya dinas PUPR kabupaten, tolong untuk bisa di tanggap hingga tidak memakan korban yang lebih besar.” Kata Ridwan.

Sementara itu Wiwin selaku Kepala Bidang Bina Marga dinas PUPR kabupaten SBB yang di hubungi via telepon selulernya mengatakan. Penanganan talud penaham ombak dusun Tanah Goyang, sudah ada dalam program dinas PUPR kabupaten SBB.

Namun kata Wiwin, pihaknya akan berkoordinasi juga dengan dinas PUPR Provinsi serta Balai Sungai.

“Penanganan talud pantai dusun Wael dan dusun tanah goyang suda dimasukan dalam program kegiatan PUPR dan akan berkoordinasi juga dengan PUPR Provinsi dan Balai Wilayah Sungai pada forum OPD yang akan dilaksanakan Minggu depan.” Ujar Wiwin.

Selain penanganan talud pada dusun Tago dan Wael, tambah Wiwin. Ada juga beberapa wilayah lain yang memang membutuhkan penanganan yang sama.

Wiwin menambahkan, staf dinas PUPR SBB akan turun ke lokasi untuk melihat kondisi sehingga bisa dipastikan penanganan yang tepat.

“Staf Dinas kita akan turun ke lokasi hingga bisa melihat dan pastikan penangan yang tepat nantinya.” Ujar Wiwin (elo)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *