Paliama : Kehadiran Stafsus Kementerian Punya Manfaat Besar

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com- Kehadiran Prof. DR. Ir. Rokhmin Dahuri, M.S selaku Staf Khusus (Stafsus) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI tentunya punya manfaat yang sangat besar bagi kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Pernyataan tersebut disampaikan Kadis Kelautan dan Perikanan (KP) kabupaten SBB S. A. Paliama, saat ditemui fajarmaluku.com, disela-sela kunjungan Stafsus Kementerian Kelautan Dan Perikanan.

Seperti diketahui kata Paliama, Rokhmin Dahuri merupakan koordinator Stafsus KP, yang juga mantan menteri KP di era presiden Megawati yang punya keahlian di bidang pesisir dan pulau-pulau kecil. Sehingga, kompetensinya sangat memadai.

“Dengan demikan, harapan kita adalah. Dengan undangan pa Bupati untuk menghadirkan Profesor Dahuri di SBB, akan memberikan manfaat yang besar.” Ungkap Paliama.

Dengan kehadiran Stafsus Kementerian ini tambah Kadis, ada link yang dibangun terkait dengan bagaimana upaya untuk memberdayakan sektor perikanan dan kelautan di daerah ini secara maksimal. Sehingga, SBB sebagai salah satu daerah yang diproyeksikan untuk mendukung Lumbung Ikan Nasional (LIN), bisa berhasil dengan baik.

Disinggung terkait SDM dan sarana prasarana penunjang di SBB, dalam kesiapan menyambut LIN. Paliama mengakui jika potensi SDA yang dimiliki kabupaten bertajuk Saka Mese Nusa sangat besar. Namun tidak sebanding dengan SDM, dalam pengelolaannya maupun sarana prasarana yang sangat terbatas.

“Oleh karena itu, perlu ada peningkatan. Pertama peningkatan kapasitas SDM, untuk memiliki skil didalam Pengelolaan perikanan. Baik dalam bentuk tangkap maupun budidaya.” Jelasnya.

Lanjut dia, yang kedua adalah menyiapkan sarana prasarana, yang berkaitan dengan pengelolaan SDA yang begitu besar yakni pabrik es dan kholstoris yang memadai.

“Yang berikut bagaimana stakeholder, dalam hal ini Pertamina. Supaya pasokan BBM untuk kepentingan nelayan tetap stabil. Kemudian PLN, seperti kita tau pasokan listrik belum memadai. Karena untuk menjaga kestabilan kerja mesin-mesin, harus didukung dengan sarana pelistrikan yang cukup memadai.” Papar Paliama.

Untuk itu dirinya berharap, dengan kehadiran Stafsus Kementerian KP, dapat memberikan dampak besar bagi dunia kelautan dan perikanan di kabupaten SBB, khususnya dalam kesiapan menyambut LIN. (elo)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *