Papalia : Tidak Ada Penyalahgunaan Dana Bos di SMA N 5 Seram Barat

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com- Adanya dugaan penyimpangan dalam penggunaan dan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada salah satu lembaga pendidikan, tepatnya di SMA Negeri 5 Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), yang menyeret nama mantan Kepala Sekolah (Kepsek), dibantah langsung oleh Abidin Papalia selaku mantan Kepsek SMA N 5.

Dalam keterangan pers yang disampaikan kepada awak media di Piru, Rabu (19/08). Papalia mengaku, semua anggaran Dana BOS tahun 2018-2019 digunakan sebagai mana mestinya, sesuai dengan peruntukannya.

Seperti yang dilansir dari salah satu media online, yang menulis tentang dugaan penyimpangan hingga terindikasi Mark up Dana BOS SMA N 5. Papalia mengaku semua itu tidak benar.

“Semua anggaran Dana BOS tahun 2018-2019 kita gunakan sebagaimana mestinya. Baik itu untuk operasional maupun untuk gaji honorer, semua terbayarkan.” Ujar Papalia.

Papalia yang kini menjabat sebagai Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten SBB ini, bahkan balik menantang, agar oknum yang memberikan keterangan tersebut membuktikan, ketidakbenaran yang dilakukannya terkait penggunaan Dana BOS.

“Dalam laporan penggunaan Dana BOS yang saya gunakan itu sudah jelas. Baik gaji honor maupun belanja lainnya. Untuk itu, bagi yang memberikan keterangan terkait penyalahgunaan dana ini, tolong buktikan kalau benar saya melakukan hal seperti yang dituduhkan.” Tegasnya.

Dengan demikian, Palapia mengaku jika dirinya tidak pernah melakukan penyimpanan penggunaan Dana BOS tahun 2018-2019. Bahkan menurut dia, Dana BOS untuk tahun ajaran 2019 yang dikucurkan, tidak cukup untuk membiayai operasional sekolah, karena pada saat itu sekolah telah melaksanakan ujian nasional secara online.

“Untuk 2019 itu Dana BOS tidak cukup. Karena bertepatan senga UN secara online. Dengan demikian, kebijakan yang saya lakukan diluar dari Dana BOS, walaupun dengan anggaran pribadi saya, yang penting sekolah bisa melaksanakan ujian.” Terang Papalia.

Dalam kesempatan tersebut, Papalia menyampaikan terimakasih kepada para wartawan, yang telah mengoreksi kinerjanya. Dengan begitu, dirinya mengaku akan lebih meningkatkan kinerja untuk kemajuan dunia pendidikan di kabupaten SBB. (elo)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *