Payapo Buka Seminar Kelautan Dan Perikanan

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com- Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Drs. M. Yasin Payapo, M.Pd berharap, seminar yang terlaksana, dapat menghasilkan konsep pengembangan potensi kelautan perikanan di SBB.

Hal ini disampaikan Bupati saat membuka Seminar Pembanguna Daerah Sektor Kelautan dan Perikanan, yang berlangsung di lantai tiga kantor Bupati, Kamis (04/03/2021).

“Melalui seminar ini, diharapkan dapat menghasilkan suatu konsep pembangunan kelautan dan perikanan secara terpadu, berbasis inovasi untuk peningkatan daya saing, pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.” Ungkap Bupati.

Seminar yang berlangsung dengan mengusung tema, Pembangunan Kelautan dan Perikanan Terpadu Berbasis Inovasi Untuk Meningkatkan Daya Saing, Pertumbuhan Ekonomi Berkeadilan, dan Kesejahteraan Masyarakat Secara Berkelanjutan di Kabupaten Seram Bagian Barat ini, menghadirkan Prof. DR. Ir. Rokhim Dahuri, MS, Staf Khusus Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai pembicara utama, dengan Sekda SBB Mansur Tuharea, SH, MH selaku moderator.

Sementara itu dalam sambutannya, Payapo mengatakan. Seminar ini diharapkan dapat diimplementasikan melalui perpaduan kebijakan pembangunan daerah dan kebijakan pembangunan nasional, yang pada akhirnya mampu memberikan dampak pada tercapainya peningkatan kualitas kehidupan manusia, peningkatan pendapatan masyarakat, penyerapan tenaga kerja, peningkatan kemampuan usaha dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Lanjut dia, kebijakan pembangunan daerah maupun kebijakan pembangunan nasional yang berpihak pada upaya penguatan sekto-sektor maupun komoditas unggulan, secara tidak langsung, diharapkan mampu menjawab
permasalahan yang dihadapi di daerah-daerah sehingga dapat
mengurangi kesenjangan antar wilayah desa dan wilayah perkotaan.

Melalui kegiatan tersebut, Payapo berkesempatan memaparkan luas wilayah laut kabupaten SBB. Dengan wilayah laut yang sangat luas ini, lanjut Bupati, kabupaten SBB memiliki potensi yang sangat besar pada sektor kelautan dan perikanan.

Keseluruhan potensi tersebut tambahnya, selama ini belum dapat dikelola secara maksimal.

“Permasalahan yang paling mendasar adalah ketersediaan sarana dan prasarana, baik transportasi dan konektivitas, maupun yang berkaitan dengan sarana produksi dan kualitas sumber daya manusia yang rendah juga cukup berpengaruh pada masih rendahnya kualitas pengelolaan untuk mendorong produktivitas potensi-potensi unggulan tersebut.” Papar Bupati.

Untuk itu, dengan kehadiran Prof. DR. Ir. Rokhim Dahuri di Kabupaten SBB, Bupati berharap, dapat memberikan angin segar dalam upaya mendukung pemerintah daerah, untuk pembangunan dan pengembangan Sektor Kelautan dan Perikanan di daerah ini. (elo)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *