Pellu Lantik Umasugi Jabat Kades Waesala

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, FajarMaluku.com– Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Nomor : 141-83 Tahun 2020 tentang Pemberhentian Penjabat Desa Waesala dan Pengangkatan Penjabat Desa Waesala Kecamatan Huamual Belakang, acara pelantikan dan pengambilan sumpah Penjabat desa Waesala berjalan lancar.

Bertempat di ruangan Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) SBB, Drs. M. Pellu selaku Kadis melantik Rudi Umasugi sebagai Penjabat desa Waesala, menggantikan Hasan Samal, Kamis (27/2).

Dalam arahannya usai acara pelantikan tersebut, Pellu mengatakan, jika tinjau kembali SK Bupati, pelantikan Penjabat Kades Waesala seharusnya dilaksanakan pada tanggal 9 Februari, namun baru terlaksana pada 27 Februari.

Kata Pellu, pengunduran tanggal pelantikan itu disengaja, untuk mendengar, menyerap aspirasi warga serta mengetahui hal-hal lainnya.

“Pelantikan memang sengaja di undur, agar saya bisaengikuti perkembangan di desa, untuk mengantisipasi timbulnya masalah-masalah yang berkaitan dengan pergantian penjabata ini. Dan karena tidak ada masalah serta gejolak yang berarti, sehingga pelantikan dilaksanakan hari ini.” Ujar Pallu.

Untuk penjabat Kades yang baru dilantik, Pellu memintanya untuk melakukan yang terbaik, bahkan lebih baik dari Hasan Samal, penjabat Kades sebelumnya. Pellu juga meminta agar Umasugi nantinya bisa melanjutkan pembangunan kantor desa Waesala yang sementara terhenti.

“Selanjutnya tugas penjabat yang baru ini untuk sekembalinya di Waesala, harus bisa merangkul seluruh lapisan masyarakat desa. Baik itu lawan maupun kawan, karena anda jadi penjabat bukan untuk teman-teman saja. Tetapi untuk seluruh masyarakat desa Waesala,” tegasnya.

Dirinya juga mengharapkan Umasugi dapat segera mengumpulkan BPD untuk melihat pertanggungjawaban penggunaan ADD 2019 dan juga perencanaan tahun 2020. Pellu juga menegaskan agar Umasugi tidak melakukan pengangkatan perangkat desa sesuka hati, tetapi harus melalui koordinasi dengan berbagai pihak di desa.

Pellu menambahkan, tugas Kades adalah melaksanakan wewenang dan tanggungjawab sebagai kepala desa, dan yang kedua mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa definitif.

“Memang di Pilkades gelombang pertama ini desa Waesala belum ikut, sesuai dengan keputusan BPD. Tetapi tugas penjabat untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait mekanisme pemilihan raja.”

Pellu mengharapkan agar kedepannya Umasugi dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik, sehingga masyarakat Waesala benar-benar tidak merasa dikecewakan. (FM-01)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *