Pemda SBB Gelar Konsultasi Publik, Guna Penyusunan RKPD

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com- Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), merupakan momen yang strategis, untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis.

Pernyataan tersebut dikemukakan Bupati kabupaten SBB, Drs. M. Yasin Payapo, M.Pd, kala membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RKPD kabupaten SBB yang berlangsung dilantai tiga kantor Bupati, Senin (22/02/2021).

Dalam mengupayakan pencapaian visi misi RPJMD kabupaten SBB tahun 2017-2022 papar Payapo dalam sambutannya, yaitu “Terwujudnya masyarakat kabupaten SBB yang sejahtera, berbudi pekerti luhur dan berbudaya berbasis potensi ekonomi lokal”.

“Oleh karena itu, penyusunan RKPD tahun 2022, harus lebih cermat dan terintegratif, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat SBB, secara tepat dan koferhensip,” ujar Bupati.

 

Lanjut Bupati, output dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder,
dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan RAPBD, sebagai pedoman dalam penyusunan KUA dan PPAS.

Lanjut Payapo, Forum Konsultasi Publik yang terlaksana ini, merupakan amanat dari Pasal 80 Permendagri nomor 86 tahun 2017. Bahwa, rancang awal RKPD, dibahas bersama kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan, untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan, dalam rangka penyusunan RKPD, melalui kegiatan ini juga merupakan tahapan penting sebelum dilaksanakannya Musrenbang RKPD.

“Dalam proses penyusunan RKPD tahun 2022 ini, saya berharap kepala perangkat daerah, agar fokus dan teraarah dalam penyusunan program dan kegiatan. Sehingga, rencana pembangunan tahun 2022, dapat tercapai sesuai dengan prioritas pembangunan.” Tandas Bupati.

 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati meminta seluruh pimpinan perangkat daerah dan aparatur, serta seluruh stakeholder, untuk selalu berpikir terbuka dan inovatif. Sehingga, RKPD mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur dan tepat sasaran.

Melalui kesempatan itu pula, Bupati mengharapkan kepada seluruh peserta, kiranya dapat mengikuti secara serius kegiatan tersebut.

“Saya harap kegiatan ini diikuti secara serius. Sehingga dapat menghasilkan sebuah komitmen, demi terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik.” Ucap Payapo. (elo).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *