Pilkades di SBB Terkendala Pencairan Dana Desa

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluk.com- Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dipastikan tertunda dari jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

Pasalnya, sesuai pernyataan kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) SBB Mocsen Pellu beberapa waktu lalu, jika proses Pilkades serentak bagi 42 desa, akan terlaksana pada bulan Juni 2021. Namun hingga pertengahan bulan ini, proses pentahapan menuju Pikades, belum juga terlaksana di desa.

Dikonfirmasi media ini diruang kerjanya, Selasa (15/06). Pellu mengakui keterlambatan Pilkades serentak tersebut. Dirinya beralasan, keterlambatan itu bukan ada pada dinas PMD melainkan terlambatnya proses pencairan DD dan ADD.

“Memang saya pernah buat pernyataan kalau Pilkades akan terlaksana di bulan Juni ini. Tetapi dalam perjalanan, ada beberapa kendala yang kita hadapi, terutama di desa-desa yang melaksanakan Pilkades. Terkait dengan pencairan tahap satu DD dan ADD tahun 2021 yang masih dalam prose.” Ujar Pellu.

Pembiayaan Pilkades ada pada APBD dan APBDes terang Pullu. Dan untuk APBD sudah siap yang terdiri dari pengadaan kotak suara, surat suara sudah dalam proses pencetakan. “Dan itu kita tergetkan di bulan ini. Hanya saja, hingga saat ini belum ada satu desa peserta Pilkades yang melakukan pecairan tahap satu, itu kendalanya,” papar Pellu.

Dirinya menambahkan, 42 penjabat kepala desa sudah dipanggil untuk melakukan hearing dengan DPRD, dan sudah ada komitmen untuk proses Pilkades akan tetap berjalan di bulan Juni.

Dikatakan, pihaknya tengah berupaya agar tahapan-tahapan Pilkades akan berjalan di bulan Juni. Sehingga di awal bulan Juli, proses pemilihan sudah bisa terlaksana.

“Ini tinggal tiga tahapan. Yaitu kampanye calon kepala desa, pemilihan dan penetapan pemenang. Sedangkan tahapan yang lain itu sudah dilalui dari tahun kemarin.” Tandasnya.

Disinggung terkait keterlambatan pencairan DD dan ADD tahap satu tahun 2021, Pellu menegaskan jika kendalnya adalah, desa-desa tersebut tidak datang untuk berproses guna mempercepat proses pencairan.

Ditambahkannya, sesuai dengan jadwal pentahapan Pilkades yang telah dibagikan ke desa-desa, akan ada masa kampanye tertutup bagi calon Kades selama tiga hari, masa tenang tiga hari dan kemudian proses pemilihan.

“Untuk semua kelengkapan administrasi dari PMD sudah siap. Kita hanya menunggu pencairan DD/ADD tahap satu ini. Jika sudah cair dalam bulan ini, maka pasti Pilkades terlaksana di awal Juli.” Ujar Pellu. (elo) 

 

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *