Risaputty Polisikan Pemkab SBB, Terkait Dugaan Penggunaan HAKI Tanpa Izin

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Barat (SBB), dilaporkan ke pihak kepolisian. Hal tersebut dilakukan Dominggus Risaputty, terkait dugaan penyalahgunaan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), yang dilakukan oleh Pemkab SBB.

Dalam jumpa pers yang digelar dikediamannya, Senin (06/07), usai memasukan laporannya ke Satreskrim Polres SBB, kepada awak media Risaputty mengatakan, dirinya selaku Direktur CV. Alfa Blessing, telah melaporkan Pemkab SBB terkait penyalahgunaan HAKI miliknya.

“Jadi pada pukul sebelas siang tadi, saya selaku CEO Minyak Harum Maluku dari CV. Alfa Blessing, telah melaporkan Pemkab SBB, ke Polres SBB. Terkait pengambilan hak cipta saya, dalam hal ini Masker Minyak Harum Maluku, yang diproduksi oleh CV. Alfa Blessing, tanpa ada konfirmasi dengan pihak kami selaku pemilik produk.” Jelas Risaputty.

Dirinya menjelaskan, pada tanggal 22 Juni lalu, pihaknya telah melayangkan surat secara resmi kepada Pemkab SBB, untuk meminta tanggapan dan klarifikasi tentang produknya, yang dimasukkan dalam video pendek Pemkab, guna mengikuti lomba Inovasi Daerah yang diselenggarakan oleh Kemendagri.

“Dan setelah menunggu selama dua minggu, ternyata tidak ada itikad baik dari Pemkab, terkait dengan surat yang saya layangkan.” Ungkapnya.

Kata Risaputty, tidak adanya respon dari Pemkab SBB menyangkut surat tersebut, mengakibatkan dirinya mengambil langkah hukum, dengan melaporkan Pemkab ke pihak kepolisan.

Risaputty juga mengancam, akan menggugat Pemkab SBB secara perdata ke Kemendagri, jika dalam waktu dekat, tidak ada tanggapan dari Pemkab terkait dengan laporannya.

Dirinya menambahkan, dalam 7 (Tujuh) kategori yang diperlombakan oleh Kemendagri, Pemkab SBB meraih juara secara bervariasi pada semua kategori. Dan dalam video kategori Transportasi Umum yang mana Pemkab SBB meraih juara kedua pada ajang ini, Pemkab memasukkan produk masker beserta labelnya Minyak Harum Maluku, tanpa izin. Baik secara lisan maupun tulisan.

“Pada kategori Transportasi Umum yang meraih juara kedua, itu dalam video Pemkab, mereka menampilkan produk saya, berupa masker dengan label Minyak Harum Maluku tanpa izin. Baik lisan ataupun tulisan. Untuk itu, saya melaporkan masalah ini ke Polres, setelah surat meminta klarifikasi dari Pemkab, tidak ditanggapi,” jelasnya.

Sementara itu, Boike Lesnussa, SH, selaku kuasa hukum dari Risaputty, saat dimintai keterangannya terkait langkah hukum yang dilakukan mengatakan, hal tersebut diambil, sebagai akibat dari tidak adanya respon baik dari Pemkab SBB, terkait surat yang dilayangkan oleh kliennya.

“Klien kami sudah beritikad baik dengan mengambil langkah-langkah pendekatan, lewat surat yang disampaikan ke pihak Pemkab SBB. Tapi kemudian, tidak digubris. Untuk itu, setelah kami diskusi dan melihat bukti yang ada, dan ternyata ada fakta-fakta itu, sehingga kami mengambil langkah hukum, dengan membuat laporan pengaduan secara resmi ke Polres.” Terangnya

Lanjut Lesnussa, setelah mengajukan pengaduan ke Polres, pihaknya akan membiarkan kepolisian menangani persoalan tersebut, sesuai tugas dan tanggungjawab. Akan tetapi kata dia, jika pengaduan itu tidak diindahkan, maka pihaknya telah siap dengan gugatannya.

“Jadi, biarlah polisi bekerja sesuai tanggungjawab mereka. Tapi jika, tidak diindahkan, kami sudah siap dengan gugatan kami. Kami akan gugat terkait perbuatan melawan hukum, yang mana dilakukan oleh Pemkab SBB.” Tegasnya.

Terkait dengan persoalan tersebut, Lesnussa mengatakan, apa yang dilakukan Pemkab SBB, telah melanggar Pasal 100 ayat 2 undang-undang nomor 20 tahun 2016 tentang merek dan indikasi, junto 372 ayat 1 KUHP Pidana, junto 378 KUHP Pidana.

“Yang mana menjelaskan, menggunakan merek yang mempunyai persamaan dengan milik pihak lain. Untuk barang atau jasa, jenis yang diproduksi, atau diperdagangkan.” Jelas Lesnussa.

Untuk itu, lanjut Lesnussa, ancaman hukumannya adalah dipidana dengan penjara paling lama 4 tahun dan denda paling banyak 2 Miliar Rupiah. (FM01)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *