SMP N 11 SBT Berinovasi Dengan Menyediakan Lembaga Kursus Komputer

  • Whatsapp
banner 728x250

Bula, fajarmaluku.com- Inovasi di bidang pendidikan terus digalakkan. Kali ini giliran Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 11 Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), berinovasi mendirikan sebuah lembaga pengembangan siswa di bidang pengetahuan dan pengelolaan komputer.

Kepada wartawan, Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri 11 Hasanudin Rumakabis menjelaskan, untuk membantu keresahan pemerintah di dunia pendidikan, pihaknya sekolah perlu berinovasi, dalam menjawab tantangan zaman teknologi dan informasi saat ini.

“Kami pandang perlu untuk membuka sebuah lembaga pelatihan komputer, sebab hemat kami, faktor penting dalam menjalankan proses pembelajaran maka, seorang guru wajib hukumnya dapat mengoperasikan komputer.” Ujar Rumahkabis.

Dilain sisi kata dia, pihak sekolah ingin berbagi, serta berbuat susuatu sesuai kemampuan mereka, yang dapat bermanfaat untuk orang lain.

Ditambahkannya, para siswa kelas di kelas akhir mesti sudah mampu mengoperasikan komputer, sebab pada tingkatan itu, menurut Kepsek, mereka akan melalui suatu proses akhir tahunan yang dikemas dalam bentuk asesmen penilaian secara online.

“Kami juga lagi mengkampanyekan sadar sampah lewat gerakan-gerakan inovasi yang kami lakukan. Salah satu contoh adalah, sketsa sadar sampah itu sendri,” tambahnya.

Rumahkabis juga berharap, agar dengan berdirinya lembaga yang diprakarsai oleh pihaknya itu, dapat membantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan masalah gagap teknologi terutama bagi para guru dan siswa.

“Harapannya adalah, dengan berdirinya lembaga ini, dapat membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah gagap teknologi, terutama bagi para guru, siswa dan pencari kerja,” tutupnya.

Sementara itu, Pelaksan tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten SBT, Sidik Rumalowak, mengapresiasi langkah inovasi yang dilakukan oleh SMP N 11 tersebut.

Selain itu, Rumalowak berjanji bakal memperhatikan perkembangan sekolah-sekolah yang berinovasi dalam menumbuh kembangkan pengetahuan tentang teknologi .

Dia juga mengatakan, sekitar enam guru yang disiapkan sebagai mentor di lembaga tersebut dengan jumlah komputer yang di sediakan sekitar 12 untuk tahap awal pembukaan lembaga pelatihan komputer itu.

“Saat ini mereka masih menggunakan satu rumah dinas guru untuk aktivitas kursus komputer, dan enam orang guru di SMP itu yang sudah profesional di bidang komputer, yang bakal menjadi mentor dengan bermodalkan kurang lebih 12 komputer untuk dioperasikan di tahap awal pembentukannya ini,” jelas Rumalowak.

Sebagai Kadis, Rumalowak berharap agar kedepan semua sekolah dapat berlomba dalam berinovasi, guna memajukan kreativitas pendidikan di kabupaten yang bertajuk Ita Wotu Nusa ini.

“Kami berharap, setiap sekolah yang memiliki kelebihan-kelebihan di bidangnya masing-masing, agar menciptakan inovasi. Sebab, mengembangkan pendidikan sesungguhnya dimulai dari bawah yaitu dari sekolah,” pungkasnya. (Bkr)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *