Teriakan “Parlente” Warnai Demo Masyarakat Sohuwe Tuntut Copot Maryate

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com- Masyarakat desa Suhuwe, kecamatan Taniwel Timur, kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) kembali melakukan demonstrasi di kantor Bupati SBB, Senin (28/09).

Demonstrasi yang dilakukan puluhan masyarakat Sohuwe kali ini, masih dengan tuntutan yang sama. Yakni meminta Bupati M. Yasin Payapo untuk segera mencopot penjabat kepala desa Sohuwe Gerzon Maryate.

Tuntutan masyarakat tersebut, berdasarkan pada hasil pemeriksaan Inspektorat SBB terhadap penggunaan ADD dan DD desa Sohuwe, yang mana dalam hasil pemeriksaan tersebut, terdapat penggunaan ADD dan DD sebesar 200 juta lebih, untuk kepentingan pribadi dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Ditengah-tengah aksi yang digelar, teriakan Bupati Parlente (ingkar janji) turut mewarnai aksi demonstrasi tersebut. Menurut pendemo, Bupati Yasin Payapo parlente masyarakat terkait janjinya pada demonstrasi sebelumnya tanggal 10 Agustus 2020, yang mana Bupati berjanji untuk mencopot Gerzon Maryate dari jabat Plt. Kades Sohuwe jika hasil pemeriksaan Inspektorat daerah membuktikan kalau Maryate bersalah.

Namun janji Bupati tersebut tidak ditepati, demonstrasi menuntut janji dan pencopotan Gerzon Maryate kembali dilakukan.

Dalam kesempatan tersebut, para demonstran juga memutar hasil rekaman visual janji Bupati untuk mencopot Maryate dari jabatannya.

Hasil pantauan media ini, aksi demonstrasi yang sebagian besar dilakukan oleh perempuan ini, berlangsung di depan kantor bupati SBB dan dikawal oleh anggota Polres SBB serta Satpol-PP.

Aksi kemudian dilanjutkan ke kantor DPRD SBB saat para pendemo melihat mobil Bupati menuju ke gedung DPRD. (elo)

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *