Tetelepta Siap Bantu Pemda SBB Bangun Wilayah Terisolasi

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com- Beberapa wilayah di kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), hingga kini masih terisolasi dalam beberapa segi. Baik fasilitas jalan, listrik maupun kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) Ferbry Calvin Tetelepta kepada wartawan di Piru, Kamis (14/10/2021). Menyatakan, siap membantu pemerintah kabupaten SBB.

Selaku Deputi I KSP, dirinya memastikan, akan mendorong usulan-usulan dari Pemerintah Daerah.

“Semua tergantung perencanaan dari pemerintah daerah SBB. Selaku Deputi I, saya pasti mendorong usulan-usulan dari Pemda.” Ujar Tetelepta.

Kendati demikian, Tetelepta mengakui kondisi keuangan negara yang sulit akibat Pandemi Covid-19, namun akan dibuat perencanaan hingga tahun 2024.

“Kita tahu bahwa, kondisi keuangan negara sedang sulit akibat Covid. Akan tetapi kita bisa buat perencanaan multi year hingga tahun 2024.” Paparnya.

Selain itu, terkait sisa masa jabatan bupati SBB, Tetelepta meminta Bupati Timotius Akerina untuk meninggalkan warisan yang baik dalam perencanaan kedepan maupun apa mesti direalisasi dalam sisa masa jabatan Bupati.

“Masa jabatan bupati sekarang, tinggal tujuh bulan. Untuk diharapkan, bupati bisa meninggalkan warisan yang baik. Dalam bentuk perencanaan maupun realisasi program yang ada.” Imbuhnya.

Terkait Lumbung Ikan Nasional (LIN), Tetelepta mengatakan.
Konsumsi Logistik pada industri perikanan yang akan dibangun di Waai Pulau Ambon, harus berasal dari kabupaten SBB sebagai penyuplai utama.

“Kita harus pastikan, konsumsi logistik di meja makan pekerja pada industri perikanan di Waai itu harus dari SBB.” Tegasnya.

Dikatakan, dalam skenario pengembangan LIN di Maluku, maka gugus pulau yang ada di kabupaten SBB, menjadi Suplai Chain.

Lanjut Tetelepta, akan ada cold Storage dan pelabuhan yang akan menampung potensi perikanan nelayan di SBB dan akan di dorong masuk ke pusat industri.

“SBB akan menjadi suplai chain dan akan cold storage serta pelabuhan penampung. Sehingga potensi ikan akan didorong masuk ke pusat industri,” ujarnya.

Dengan demikian, Tetelepta yang juga merupakan Ketua Umum Perkumpulan Senior GMKI ini mengatakan, harus dipastikan bahwa konektivitas transportasi darat, berjalan dengan baik.

Selain itu Tetelepta juga akan mendorong, agar pasokan listrik akan berjalan dengan baik.

“Pasokan energi listrik, harus berjalan dengan baik. Dalam menunjang fasilitas yang akan dibangun disini. Untuk itu, akan kita dorong, agar pasokan listrik di wilayah SBB berjalan dengan baik.”

Dirinya mengakui jika kabupaten SBB memiliki SDA yang luar biasa. Untuk itu, konektivitas jalan Nasional harus dibangun hingga tuntas, sekaligus jalan masuk ke pusat perikanan juga pertanian.

“SDA disini luar biasa. Dan untuk menjangkau semua itu, maka konektivitas jalan Nasional harus tuntas. Sekaligus, jalan itu harus masuk ke pusat-pusat perikanan dan pertanian.” Tutup Tetelepta. (elo).

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *