Tiga ASN Bermasalah, KASN Surati Pemda SBB

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, FajarMaluku.com- Pihak Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) RI, akhirnya menyurati Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), menanggapi laporan masyarakat terkait dengan 3 (tiga) ASN guru Sekolah Dasar (SD) Niwelehu Nikulukan, kepada ketua KASN.

Surat tertanggal 10 Desember 2019 tersebut, meminta Bupati SBB sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian di daerah, untuk menindaklanjuti persoalan tiga guru SD tersebut, dan menjatuhkan hukuman disiplin sesuai ketentuan yang berlaku.

Dalam Surat dengan Nomor : B-4213/KASN/12/2019 yang bersifat segera, perihal Permasalahan Pengangkatan Kepala Sekolah dan Penegakan Disiplin Terhadap ASN Yang Tidak Masuk Kerja ini menyebutkan, terdapat tiga ASN guru SD Niwelehu Nikulukan yang dilaporkan ke KASN, karena tidak masuk kerja sejak tahun 2017, masing-masing. Zacharias Kakay, Martje A. Poceratu dan Jopi Tanikwele.

Laporan masyarakat tersebut merujuk pada bukti absensi ketiga guru, yang menjelaskan jika Zacharias Kakay tidak pernah masuk kerja selama 159 hari pada tahun 2017 dan 96 hari pada 2018. Sedangkan, Martje A. Poceratu tidak masuk kerja 59 hari di 2016, 104 hari di 2017 dan 97 hari pada 2018. Sementara Jopi Tanikwele tidak masuk kerja selama 80 hari pada tahun 2016, 236 hari pada 2017 dan 50 hari di tahun 2018.

Dalam laporan tersebut juga menyebutkan, jika Zacharias Kakay telah dimutasikan ke SD Hatu Alang, dan Jopi Tanikwele dimutasikan ke SD Negeri Alang Asaude. Keduanya dimutasikan pada tahun 2018, namun kedua ASN tidak melaksanakan tugasnya disekolah masing-masing.

Sementara Martje Poceratu diangkat menjadi Kepsek Niwelehu Nikulukan, sedangkan yang bersangkutan masih berstatus sebagai guru di SD Niwelehu Nikulukan. Sehingga, yang Lo bersangkutan tidak melaksanakan tugasnya di sebagai guru SD.

Menyikapi surat KASN tersebut, Ketua Komisi II DPRD SBB Julius Rotasouw kepada wartawan, Senin (27/01/2020) mengatakan. Laporan ke KASN itu, terkait dengan ketidakpuasan orang tua murid, terhadap tiga oknum guru yang bertugas di SD Kristen Niwelehu Nikulukan.

Dikatakan, ketidakpuasan orang tua siswa itu akibat dari ketiga oknum guru tersebut, tidak pernah melaksanakan tugas mengajar. Dan bagi orang tua murid kata Rotasouw, mereka sangat merasa dirugikan, terutama anak-anak mereka.

“Mungkin karena hal itu, makanya orang tua melaporkan ini Langi ke KASN di Jakarta”, Ujarnya.

Yang pasti menurut politisi Partai Demokrat ini, pihak pelapor telah melalui tahapan-tahapan di kabupaten, lewat instansi terkait, menyangkut ketiga oknum guru ini. Namun, karena tidak ada langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah daerah untuk ketiga oknum guru tersebut, maka pihak orang tua siswa langsung melaporkan ke KASN.

Rotasouw menambahkan, surat dari KASN tersebut, diketahui oleh DPRD SBB dalam hal ini Komisi II, kala melakukan kunjungan kerja ke SD Niwelehu Nikulukan.

Hasil kunjungan komisi II juga mendapatkan jika pihak BKPSDM kabupaten SBB, telah turun ke sekolah tersebut untuk melakukan cross check.

“Atas dasar informasi itu kami tadi melakukan rapat dengar pendapat dengan pemerintah daerah serta BKPSDM, untuk mengecek sejauh mana hasil turun lapangan yang dilakukan pihak BKPSDM. Dan menurut Pemda, mereka telah melakukan tindakan tertentu, dan nanti kita ikuti saja prosesnya”.

Menurut Rotasouw, yang terpenting adalah sejah mana kepedulian Pemda, terhadap persoalan-persoalan yang sedang terjadi, sehingga tidak lagi terulang.

“Yang sangat disesalkan ialah, mereka yang tidak melaksanakan tugas beratus-ratus hari, tapi bisa diberikan jabatan sebagai Kepala sekolah, bisa diberikan tugas tambahan sebagai penjabat kepala desa. Ini sesuatu yang harus segera diselesaikan”. Tendas Rotasouw.

Ketika disinggung terkait berapa lama waktu yang diberikan DPRD bagi Pemda untuk menyelesaikan persoalan tersebut, Rotasouw mengaku tidak ada batas waktu yang diberikan. Namun, dirinya berharap dalam waktu dekat, ad kejelasan terkait dengan masalah tersebut, karena hasilnya sedang ditunggu oleh masyarakat di desa Niwelehu Nikulukan. (FM-01)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *