Tuharea Buka Sosialisasi Disdukcapil SBB

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com- Sekte Daerah (Sekda) Seram Bagian Barat (SBB) Mansur Tuharea, SH, membuka kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yang diselenggarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten SBB, Selasa (1/12/2020).

Tuharea dalam sambutannya pada kesempatan tersebut mengatakan, undang-undang nomor 24 tahun 2013 yang merupakan perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, adalah merupakan penjabaran dari amanat undang-undang dasar 1945 pasal 26 ayat 3.

Lanjut Sekda, saat ini Disdukcapil kabupaten SBB baru menerapkan sistem TTE untuk penertiban dokumen KK dan Akte Kelahiran, perekaman maupun percetakan.

Dikatakan, pelayanan penertiban akte kelahiran usia 0-18 tahun masih sangat rendah dan perlu ditingkatkan pelayanannya sampai ke desa-desa dan sekolah-sekolah. Karena ini merupakan dasar pelaksanaan penertiban Kartu Identitas Anak (KIA).

“Dengan adanya penerapan KIA, maka anak-anak yang ada di daerah ini dijamin keperdataannya. Dan penggunaan KIA itu oleh anak, selalu membuka kemudahan untuk pelayanan publik lainnya.” Ujar Tuharea.

Menurutnya, saat ini masih ada beberapa program nasional yang belum terselesaikan dengan baik oleh Disdukcapil SBB. Untuk itu, percepatan penyelesaian KTP elektronik, baik dalam pelaksanaan kedepan, akan digunakan untuk penertiban dokumen-dokumen yang lainnya.

Untuk itu Tuharea berharap, agar para peserta dapat kegiatan tersebut dengan serius, sehingga dapat memahami kebijakan-kebijakan terbaru dalam dalam prosedur pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, bagi kehidupan setipa warga negara.

“Saya berharap, para peserta dapat menginformasikan secara luas kepada masyarakat lainnya, demi terwujudnya tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.” Tutup Sekda. (elo)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *