Tuharea : Pemda SBB Akan Melakukan Penertiban IMB

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com- Meskipun sudah punya Peraturan Daerah (Perda), namun banyak bangunan yang ada di kabupaten SBB khususnya di kota Piru, banyak yang belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Dalam kaitan dengan itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) akan melakukan penertiban dalam rangka menata kota.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) SBB Mansur Tuharea kepada fajarmaluku.com di lantai dua, kantor Bupati, Rabu (03/02/2021).

Menurutnya, meskipun pihak Pemda SBB telah melakukan sosialisasi terkait Perda tersebut, baik kepada masyarakat maupun pelaku usaha, namun masih saja ada yang membandel.

“Sosialisasi telah kita lakukan, namun kembali kepada ketegasan kita dalam menerapkan Perda tersebut. Di lain sisi, masyarakat pun harus taat asas terhadap apa yang telah ditetapkan oleh Pemda,” ujar Tuharea.

Dirinya menambahkan, Pemda tidak pernah melarang masyarakat melaksanakan pembangunan. Akan tetapi, harus melalui prosedur yang berlaku, dengan memasukkan permohonan pada dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan dinas terkait lainnya, guna memperoleh izin.

“Sehingga tidak melanggar aturan yang sudah ada.” Terang Sekda.

Lanjut Sekda, khusus bagi pelaku usaha. Banyak yang membangun dan melakukan kegiatan usaha, namun tidak melaksanakan kewajibannya.

Dengan demikian, dinas PTSP selaku leading sektor bersama dengan tim teknis, dalam hal ini dinas-dinas terkait, akan melakukan tugasnya untuk melakukan penertiban.

Kata Sekda, Pemda lewat dinas terkait telah dua kali melayangkan surat, untuk itu tim teknis akan turun lapangan guna melakukan monitoring dan evaluasi terhadap izin-izin usaha yang belum tertib.

Selain izin usaha lanjut Sekda, kewajiban berupa pajak dan retribusi juga akan di evaluasi oleh tim teknis. Dan jika kedapatan tidak dilaksanakan oleh pengusaha, maka akan diambil tindakan.

“Nantinya akan ada penertiban yang mana tim teknis yang terdiri dari PTSP, PU, Pendapatan dan Satpol PP akan turun ke lapangan guna melakukan pengecekan tempat-tempat usaha.” Tandasnya. (elo)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *