Utus 25 Peserta PKA, Pemda SBB Sengaja Lakukan Pemborosan

  • Whatsapp
banner 728x250

Piru, fajarmaluku.com– Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), dinilai sengaja melakukan pemborosan APBD. Hal ini mengerucut pada diutusnya 25 peserta dari Pemkab, untuk mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan III.

Penilaian tersebut datang dari salah satu tokoh masyarakat SBB yang meminta namanya tak disebut.

Dikatakan, berkaitan dengan surat Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku kepada Pemda SBB nomor 893.2/718 Perihal Pemanggilan Peserta PKA Angkatan III Tahun 2021, dimana dalam surat tersebut melampirkan 25 nama ASN yang akan mengikuti kegiatan dimaksud, maka dirinya menilai Pemda SBB sengaja melakukan pemborosan anggaran daerah.

“Ini jelas pemborosan anggaran daerah yang sengaja dilakukan.” Tandas sumber.

Kata dia, banyak ASN di Pemda SBB, yang sudah mengikuti PIM III namun tidak di fungsikan atau diberikan jabatan. Kini Pemda malah mengutus lagi 25 ASN untuk mengikuti PKA.

“Banya yang sudah ikut PIM tiga tapi tidak difungsikan, malah kembali mengutus 25 orang.” Sesalnya.

Lanjut sumber, jika satu peserta dibiayai 40 juta, maka akan ada 1 Miliar yang keluar dari APBD. Padahal lanjut dia, di saat adanya refocusing anggaran karena Covid, Pemda malah menggelontorkan anggaran yang begitu besar hanya untuk hal-hal yang kurang terlalu dibutuhkan.

Dirinya juga mengatakan, dipilihnya 25 orang ASN untuk mengikuti PKA tersebut, berdasarkan kedekatan emosional peserta dengan Bupati SBB Timotius Akerina.

“Kalau mau dilihat, nama peserta ini adalah orang-orang dekatnya Bupati. Itu berarti, mereka ini dipilih bukan karena kinerja, tetapi karena kedekatan emosional dengan Bupati,” papar sumber.

Bahkan kata dia, ada ASN golong IV/a namun golongan yang dibawahnya bisa diikutkan.

“Ini sesuatu yang sangat disayangkan. Pasalnya, ada ASN golongan IV/a yang antri, namun mereka yang diutus malah golongan yang masih di bawahnya.” Sesal sumber.

Jika demikian kata sumber, slogan untuk Biking Bae SBB dari pemerintahan yang sekarang hanyalah hisapan jempol, karena pengelolaan birokrasi yang masih mengedepankan kedekatan emosional ketimbang profesionalitas dan kinerja ASN. (elo)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *