Warga Minta Status Puskesmas Tanah Goyang Ditingkatkan

  • Whatsapp
banner 728x250

SBB, FajarMaluju.com- Warga 2 (dua) desa yakni, desa Ariate dan desa Loki kecamatan Huamual kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) beserta 7 (tujuh) dusun diantara dua desa tersebut, meminta Pemerintah Daerah (Pemda) SBB lewat dinas terkait, untuk segera meningkatkan status Puskesmas yang berada di dusun Tanah Goyang desa Loki, dari Puskesmas Rawat Jalan menjadi Rawat Inap.

Hal ini diwakili oleh salah seorang pemuda asal dusun Tanah Goyang Samsudin Adam s.Ag, kepada media ini, Sabtu (25/04). Samsudin mengatakan, jarak dan kondisi jalan yang kurang memadai dari Puskesmas Tanah Goyang ke RSUD Piru, yang membuat masyarakat meminta segera dilakukan peningkatan status.

Pasalnya, tambah lelaki yang akrab disapa Udin ini, selama ini warga sakit yang butuh opname harus dibawa ke RSUD Piru melalui jalur darat dengan jalan yang sangat rusak parah dan memerlukan biaya yang cukup besar.

“Kami berharap Dinas Kesehatan dan Pemda SBB, bisa meningkatkan status puskesmas di dua desa dan tujuh dusun ini menjadi Puskesmas Rawat Inap, sehingga kalau ada pasien yang ingin mendapatkan penanganan medis secara intensif lebih dari satu hari bisa berobat di Puskesmas Tersebut dan tidak perlu lagi ke RSUD piru,” pintanya.

Menurut samsudin status Puskesmas ini masih Rawat Jalan tetapi, dirinya dan masyarakat lainnya berharap ada upaya meningkatkan Puskesmas Rawat Jalan menjadi Rawat Inap.

Selain itu ketersediaan lahan untuk membangun sarana dan prasarana seperti, pembangunan ruang jaga perawat, ruang opname, dan sarana penunjang lainnya sudah tersedia dan sudah bersertifikat yang mengatsnamakan Puskesmas Tanah Goyang.

Bukan itu saja, tenaga dokter dan perawat baik itu PNS dan honor serta tenaga sukarela sudah cukup memadai untuk Puskesmas tersebut, ditingkatkan statusnya menjadi Rawat Inap.

“Yang kita lihat sekarang ini kita sudah didukung dengan beberapa program dari dinas kesehatam atau Kementerian Kesehatan RI. Dan, Puskesmas tersebut saat ini suda di dukung oleh beberapa tenaga medis yakni dua orang dokter dan beberapa bidang serta sejumlah perawat honor secara Suka Rela,” tutur Udin.

Lewat kesempatan ini pula, dirinya mengharapkan agar ada perhatian serius dari pemerintah daerah, demi pelayanan prima bagi masyarakat setempat. (FM-01)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *